Pengertian Bootloop dan Jenis Bootloop

Mengatasi Smartphone Android Yang Bootloop - Untuk para pengguna android Advance, Andromax/Smartfren, Asus, HTC, Xiaomi, Samsung , Oppo, Lenovo, Sony, Huawei dll mungkin pernah dengear istilah bootloop ini namun belum mengerti apa maksud dari bootloop , sebab bootloop dan cara mengatasinya.

Bootloop adalah masalah pada sistem android yang dimana smartphone tidak bisa melakukan booting/startup untuk masuk ke menu. Sehingga akan masuk ke state awal seperti anda menyalakan smartphone biasa seperti stuck di logo merk smartphone anda .
Bootloop biasanya disebabkan karna kegagalan root , file dan data aplikasi ada yang korup, update system dan pada saat install custom rom .





Berikut adalah Jenis Bootloop dan Cara Mengatasinya :


  • Light Bootloop adalah salah satu masalah bootloop pada smartphone android yang tergolong ringan. Permasalahan tersebut terjadi saat anda menggunakan samrtphone untuk bermain game, menginstal aplikasi atau menonton video tiba-tiba saja restart atau re-boot sendiri. Dan setelah menyala kembali smartphone tidak bisa masuk ke menu dan hanya menampilkan logo ponsel saja.

    Cara mengatasinya :

    Jika anda mengalami hal tersebut, karena permasalahan tersebut terbilang masih bootloop ringan maka anda bisa memperbaikinya dengan cara melepas baterai ponsel android dan memasangnya kembali. Setelah itu coba nyalakan kembali smartphone, dan biasanya dengan cara tersebut smartphone anda sudah bisa booting secara normal.


  • Android Medium Bootloop : Masalah bootloop android yang satu ini  terjadi karena aktivitas pengguna yang sering mengotak-atik/mengoprek fitur-fitur android dan masuk ke system recovery. System recovery merupakan bagian terpenting dari sebuah ponsel android dan dari system recovery tersebut kita bisa melakukan rooting smartphone. Jadi memang keadaan sistem tersebut sangat dilindungi sehingga apabila pengguna mencoba mengotak-atik dan terjadi kesalahan maka bisa berakibat bootloop. Sebenarnya kerusakan ini termasuk bootloop tingkat menengah karena kita bisa memperbaikinya dengan masuk ke sistem recovery untuk mem-backup ulang.

    Cara mengatasinya :

    Cara mengatasi bootloop tipe medium ini kita memerlukan sebuah Laptop atau PC sebagai media untuk mem-backup data recovery image dan file recovery CWM atau aslinya. Akan tetapi cara ini bisa berhasil apabila kita sudah pernah mem-backup data ROM pada hp tersebut. Tapi jika kamu belum pernah mem-backup data ROM-nya, maka kamu bisa mencari data recovery khusus untuk tipe ponsel terebut di google. Sebab jika datanya tidak sama tentu tidak akan bisa di restore seperti semula.



  • Android Hard Bootloop : Android hard bootloop terjadi karena aktivitas kita saat mengganti Stock ROM yang berbeda (biasanya disebut custom rom) , melakukan upgrade sistem operasi atau saat meng-compile APK yang salah. Jadi aktivitas tersebut juga bisa memicu terjadinya bootloop pada smartphone yang kita gunakan. Adapun ciri-cirinya adalah saat ponsel di hidupkan tidak bisa masuk ke menu hanya stuck di logo merk smartphone anda dan tidak bisa di utak-atik lagi alias macet total. Bahkan tidak bisa masuk ke recovery

    Cara mengatasinya :
    Karena kasus kerusakan yang ini tergolong cukup parah, maka cara mengatasinya bootloop tersebut harus menggunakan Laptop atau PC. Jadi laptop yang digunakan untuk memperbaiki juga harus di instali dengan aplikasi khusus untuk menginstal ulang OS android ataupun untuk melakukan Flasing Rom (firmware). Akan tetapi cara menginstal masing-masing OS android berbeda-beda tergantung merek dan tipe ponsel itu sendiri.

Berikut adalah penjelasan saya mengenai bootloop dan cara mengatasinya, untuk kedepanya saya akan membuat tutorial flashing semua merk android agar pengunjung tidak bosan untuk mampir ke sosial blog , Sekian dari saya jika ada kesalahan kata tolong di maklumi . Semoga artikel kali ini bermanfaat
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
17 Juni 2016 pukul 23.16 ×

mantap gan :D

Selamat Unknown dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment